Thursday, July 8, 2010

Penemuan Effective Microorganisms (EM).


Dr. Teruo Higa adalah seorang guru Besar di Fakultas Pertanian pada Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang, sejak tahun 1982. Dia adalah salah seorang staf pengajar di Universitas tersebut sejak tahun 1970. Setelah memperoleh gelar Phd dalam bidang pertanian dari Kyushu Universitas. Dia juga banyak menulis makalah dan buku ilmiah dalam pertanian termasuk karya-karya yang merinci penelitiannya dengan Effective Microorganisms (EM).

Dr. Teruo Higa telah menulis karya populer bidang pertanian dan bidang ilmu lingkungan lainnya.


EFFECTIVE MICROORGANISMS
BAJA EM


Kondisi lahan kering akan sangat mengkhawatirkan bila tidak segera ditangani. Penurunan kualitas lahan tampak semakin jelas yang ditandai dengan penurunan produktivitas usaha tani, kesuburan tanah merosot, erosi tanah di atas ambang laju erosi yang diperbolehkan serta keseimbangan hidrologi terganggu dengan dampak negatif terhadap kesejahteraan dan kelestarian lingkungan.

Mikroorganisme merupakan bagian integral dari tanah, yang mengakibatkan tanah memiliki sifat dinamis dan hidup, mampu menyediakan hara secara berdaur, serta membentuk struktur tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman.

Bokashi Kotaku adalah hasil fermentasi bahan organik dengan Teknologi Effective Microorganisms (EM4) yang digunakan sebagai pupuk organik untuk menyuburkan tanah dan meningkatkan pertumbuhan serta produksi tanaman.

Pupuk Bokashi Kotaku diproduksi dari hasil fermentasi sampah organik kota Denpasar dan Badung yang terkumpul pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Suwung, Denpasar Selatan. Sampah organik tersebut didapatkan dari sampah pasar kota Denpasar dan Badung.


http://www.pakoles.com/